Latest Post :
Home » , , » Bumbu Dapur yang bisa di jadikan obat ( Apotik Hidup )

Bumbu Dapur yang bisa di jadikan obat ( Apotik Hidup )

Rabu, 26 November 2014 | 0 komentar

Apotik Hidup

 

Bumbu berfungsi memberi rasa, aroma dan warna khas pada masakan. Tapi, untuk bisa memasak berbagi menu, kita harus mengenal berbagai macam bumbu dapur dulu agar berani bereksperimen. Apalagi bumbu dapur yang ada di Indonesia sangat banyak. Berikut beberapa bumbu dapur yang banyak digunakan :
1. KETUMBAR
ketumbar dapat digunakan sebagai bumbu makanan, selain memberikan rasa sedap ternyata daun ketumbar juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia, daun dan biji kadang-kadang untuk peterseli, tetapi mereka adalah dua herbal yang berbeda.
Ketumbar dikenal karena sifat anti-spasmodik, yaitu, untuk menjadi bermanfaat untuk mengobati diare. Meskipun mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, ramuan ini juga berguna untuk mengobati sembelit, sakit pencernaan dan gangguan pencernaan pada umumnya. Biji ketumbar digunakan di beberapa tempat sebagai obat alami untuk mengobati insomnia dan kegelisahan.
2. JINTEN
Bentuknya mirip adas manis , hanya lebih ramping & berwarna lebih gelap.
Memberi rasa sedikit manis & harum pd masakan seperti opor, gulai & kari.
Biasanya dihaluskan bersama bumbu yg lain. Simpan jinten ke dlm wadah tertutup didapur, karena bila kena udara luar saat penyimpanan mudah sekali lapuk & berjamur.
3. KUNYIT
 Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak tumbuh di indonesia. Kebanyakan orang memnganggap kunyit hanya sebagai bumbu masakan, pemberi warna pada masakan, atau sebagai bahan pengawet saja. Padahal kunyit memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.
Kunyit memiliki manfaat bagi kesehatan diantaranya sebagai obat anti gatal, anti kejang dan mengurangi pembengkakan selaput lendir mulut, sebagai salep untuk mengobati bengkak dan terkilir. Kunyit juga bisa menyembuhkan hidung yang tersumbat.
4. JAHE
Jahe merupakan tanaman obat berupa tumbuhan rumpun berbatang semu. Jahe berasal dari Asia Pasifik yang tersebar dari india sampai Cina. Oleh karena itu kedua bangsa ini disebut-sebut sebagai bangsa yang pertama kali memanfaatkan jahe terutama sebagai bahan minuman, bumbu masak dan obat-obatan tradisional. Jahe termasuk dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae), sefamili dengan temu-temuan lainnya seperti temulawak (Curcuma xanthorrizha), temu hitam (Curcuma aeruginosa), kunyit (Curcuma domestica), kencur (Kaempferia galanga), lengkuas (Languas galanga) dan lain-lain.
5. LENGKUAS
tak hanya dimanfaat kan untuk rempah masakan namun lengkuas ini juga dimanfaatkan untuk pengobatan trasisional untuk mengobati berbagai penyakit dan biasanya bagian lengkuas yang dimanfaatkan untuk dijadikan bumbu masak dan obat adalah bagian rimpangnya.Pada akar rimpang ini, tersembunyi sejumlah senyawa penting antara lain minyak atsiri yang terdiri atas galangol, methyl-cinnamae, galangin dan sineol. Senyawa lainnya adalah kamfer, seskuiterpen, kadien, resin, heksabidrokadalen hidrat, amilum dan masih banyak lagi lainnya.
6. SERAI
Manfaat sereh untuk kesehatan seperti dapat membantu  mengurangi gangguan lambung, insomnia, gangguan pernafasan, demam, nyeri, infeksi, rematik dan edema. Pertahanan Antioksidan ramuan sereh akan membantu untuk mempertahankan tingkat kolesterol, kesehatan selular, sistem saraf, kulit yang sehat dan sistem kekebalan tubuh. Sereh juga efektif dalam mengobati diabetes tipe 2, kanker, obesitas dan membantu detoksifikasi. Hal ini banyak digunakan dalam aromaterapi dan membantu untuk mengurangi kelelahan, kecemasan dan bau badan.
7. BIJI PALA
Biji pala mempunyai sifat antiemetic yaitu senyawa kimia yang memiliki manfaat untuk mengatasi mual atau muntah.Begitu besar khasiat buah pala banyak terdapat di bagian daging, kulit, biji pala sampai ke bunganya sekali pun yang mana terdapat kandungan kimia didalamnya.
Manfaat Biji Pala:
  • Dapat memperbaiki yang namanya kurang tidur atau gangguan dalam tidur
  • Kondisi tidur bisa lebih lama
  • Mampu memperbaiki waktu tidur
8. KENCUR
Sebagai obat teradisional, kencur merupakan salah satu komponen yang sangat tekenal. Zaman dulu, Kencur sangat lazim digunakan sebagai obat sakit tenggorokan. Kencur sangat lajim digunakan sebagai obat sakit tenggorokan. Kencur juga biasa digunakan sebagai obat kembung dengan cara ditumbuk atau langsung dikunyah. Manfaat lain dari kencur adalah sebagai obat penghilang rasa capek setelah beraktifitas. Kencur juga digunakan sebagai penambah nafsu makan, infeksi bakteri, obat batuk, disenteri, tonikum, ekspekatoran, masuk angin, dan sakit perut.
9. TEMU KUNCI
Temu kunci (Boesenbergiae rhizoma) adalah termasuk jenis tumbuhan yang tidak memiliki batang, rimpang didalam tanah, untuk setiap batang temu rimpang biasanya terdapat daun 2-7 helai, memiliki bunga berwarna putih kekuningan yang tumbuh diujung tangkai. Temu kunci mampu tumbuh dengan subur didaerah beriklim panas dengan tanah subur. Cara budidaya temu kunci dengan tunas.
Temu kunci termasuk jenis tumbuhan herbal yang sangat banyak manfaatnya seperti halnya jahe ataupun kunyit, khasiat temu kunci khusus dibidang kesehatan sudah terkenal sejak zaman dahulu.
10. KAPULAGA
Kapulaga atau di sebut juga Amomum cardamomum selama ini dikenal sebagai rempah untuk masakan dan juga lebih banyak digunakan untuk campuran jamu. Di beberapa daerah kapulaga dikenal dengan nama kapol, palago, karkolaka, dan lain-lain.
11.KAYU MANIS
Kayu manis atau disebut juga dengan Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum ialah pohon penghasil rempah-rempah yang termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang amat beraroma, manis, dan pedas. Orang biasanya menggunakan rempah-rempah ke dalam makanan yang dibakar manis, anggur panas. Banyak khasiat yang terdapat dalam sebatang kayu manis bagi kesehatan tubuh kita.
Manfaat kayu manis juga dapat dijadikan obat secara tradisional yang berfungsi sebagai suplemen untuk berbagai penyakit, dengan dicampur madu, seperti untuk pengobatan penyakit radang sendi, kulit, jantung, dan perut kembung. 
12. LADA
Selain untuk bahan atau bumbu dapur, merica atau disebut dengan lada memiliki khasiat untuk pengobatan. Ternyata, banyak sekali khasiat dan kandungan merica atau lada diantaranya sebagai asma, masuk angin, dan diare.
Disamping itu, merica memang berfungsi untuk menghangatkan badan, hawa panas yang timbul bisa mendongkerak stamina laki-laki jika dicampur dengan jahe dan telur ayam kampung. Sebagai obat asma dan diare, merica cukup dihaluskan dan diseduh dengan air panas, bila sudah hangat baru diminum setiap hari sampai sembu
13. KEMERI
Kemiri merupkan salah satu bahan rempah yang cukup populer di Indonesia. Selain sebagai bahan rempah, kemiri juga dimanfaatkan untuk dibuat menjadi minyak. Kandungan kimia yang ada pada kemiri seperti gliserida, asam linoleat, palmitat, stearat, miristat, asam minyak, protein, vitamin B1, dan zat lemak.

Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2014. Harapan & Doa